Inikah Mobil Autopilot Besutan Apple?

02/17/2015 13:18

Persaingan dua perusahaan teknologi raksasa ini terus berlanjut. Setelah beberapa waktu yang lalu Google memprakarsai pembuatan mobil tanpa pengemudi, nampaknya Apple pun tak mau ketinggalan. Bahkan, bila dalam produk berteknologi canggih tersebut Google hanya membuat perangkat lunaknya saja, Apple berniat untuk membuat seluruh bagian mobil itu secara utuh.

Dari beberapa sumber terpercaya di industri otomotif, Otopedia mendapatkan bocoran kabar bahwa saat ini Apple telah mulai menghimpun berbagai data dan masukan terkait dengan pembuatan mobil autopilot tersebut. Dan sebagai indikasinya, mobil tersebut nantinya berupa mobil listrik.

Informan dari Apple optimis, mobil jenis inilah yang bakal menjadi tren di masa depan. Dan untuk menyambutnya, para produsen mobil secara bertahap akan membangun pasar bagi mobil otonom (sebutan lain mobil tak berpengemudi) menjadi sebuah evolusi menuju masa depan. Saat yang tepat untuk cari mobil baru berteknologi tinggi dan sekaligus ramah lingkungan.

Walaupun pihak Apple sendiri tidak mau berkomentar secara resmi soal isu tersebut, media The Wall Street Journal pun sempat melaporkan bahwa Apple telah mendirikan sebuah laboratorium rahasia untuk menggarap proyek mobil canggih Apple tersebut. Proyek mobil berkode Titan itu dikabarkan telah mempekerjakan sekian ratus orang di laboratorium yang terletak tak jauh dari markas Apple yaitu di Cupertino, California, Amerika Serikat.

Salah seorang desainer Apple yang mendapat tugas merancang desain mobil tersebut adalah Marc Newson. Ia baru saja bergabung dengan Apple di tahun lalu. Sebelumnya, ia juga pernah menggarap mobil konsep untuk Ford yang diberi nama Ford 021C, yang pernah  dipamerkan pada gelaran Tokyo Motor Show 1999. Mobil tersebut berbentuk sedan berwarna oranye, dan hingga saat ini belum pernah diwujudkan. Namun, benarkah mobil otonom Apple tersebut akan sama dengan mobil konsep tersebut?

Dugaan ini dibantah oleh The Wall Street Journal dalam laporannya. Mereka menyebutkan, mobil tanpa pengemudi yang disiapkan oleh Apple nanti modelnya adalah Minivan, bukan sedan seperti mobil konsep Ford 021C.  Namun, karena desainernya sama, 021C bisa saja memberikan gambaran seperti apakah wujud mobil Apple nantinya di masa depan.